Search

Sabtu, 23 Desember 2023

Jenis AI yang dapat digunakan Guru untuk Pembelajaran Interaktif , apa sajakah itu?

 


Halo sobat era digital pada zaman sekarang Ai atau Artificial Intelligence sudah semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang termasuk di bidang pembelajaran dan pendidikan/ Bila berbicara teknologi pendidikan kita harus fair mengatakan bahwa belum sepenuhnya teknologi ini digunakan dalam pembelajaran. 

Di era sekarang yang semakin kompetitif masih terdapat lembaga pendidikan yang belum menerapkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar seyokyanya sekolah di era sekarang harus memanfaatkan lehirnya teknologi-teknologi yang memudahkan pekerjaan guru ataupun siswa 

Berikut ini adalah beberapa jenis Ai yang bisa digunakan dalam pembelajaran.

JENIS - JENIS AI :



CHATBOT 
Dapat digunakan untuk membantu siswa dalam mengajukan pertanyaan memberikan saran belajar atau memberikan penjelasan konsep CHATBOT yang dibangun menggunakan Ai seperti ChatGPT dapat memberikan Interaksi yang lebih natural dan responsif daripada Chatbot sederhana.

MACHINE LEARNING digunakan untuk mengembangkan model prediktif untuk membantu dalam menentukan metode pengajaran yang paling efektif, model ini dapat memproses data historis dari siswa dan menghasilkan model yang dapat digunakan untuk memperkirakan kinerja siswa di masa depan.

ADAPTER LEARNING adalah metode pembelajaran yang memungkinkan Siswa belajar dengan kecepatan mereka sendiri dalam Adaptive Learning, AI dapat digunakan untuk menganalisis data siswa dan menentukan tingkat pemahaman mereka sehingga dapat menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

VR dan AR dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang realistis dan interaktif misalnya siswa dapat mempelajari sejarah melalui pengalaman berjalan-jalan di Museum virtual atau mempelajari struktur molekul melalui simulasi VR.

NATURAL LANGUAGE PROCESSING - NLP dapat membantu siswa dalam memahami bahasa alami dan meningkatkan kemampuan membaca menulis dan berbicara dalam bahasa yang dipelajari. NLP dapat digunakan untuk memeriksa kesalahan gramatikal memberikan saran terbaik dan meningkatkan kefasihan siswa.

INTELLEGENT TUTORING SYSTEMS - ITS ada sistem yang dapat menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, sistem ini menggunakan Ai untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya untuk menentukan kemajuan siswa dan menyediakan masukan yang tepat waktu.

LEARNING ANALYTICS - LA  dapat digunakan untuk menganalisis data pembelajaran siswa, seperti waktu belajar, hasil ujian dan tingkat pemahaman. analisis ini dapat membantu guru dalam pengambilan keputusan di sekolah dalam membuat keputusan yang lebih baik dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran.

Kombinasi dari beberapa jenis Ai tadi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran membantu siswa untuk memahami materi lebih baik dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis Ai yang bisa digunakan dalam pembelajaran,  semoga bermanfaat serta dapat menambah informasi dan referensi.


Terima Kasih.

@septadhana

Teknik membuat ulat dari TISSU :





BACA JUGA :

  1. Download Cerita Anak, Mewarmai dam Pengetahuan Robotic
  2. Dongen Lutung Kasarung Cerita Rakyat
  3. Cerita 1001 Malam - Aladin Dan Lampu Ajaib
  4. Cerita SI KANCIL KENA BATUNYA
  5. Pengenalan Perangkat COMPUTER - Perangkat Keras Komputer
  6. Cara Membuat Papan Permainan ULAR TANGGA dengan Microsoft Office Excel
  7. Bidang Usaha Lama yang Menjajikan Keuntungan
  8. Membuat Rambu-Rambu Lalulintas dengan aplikasi Ms. Paint
  9. Membuat teka-teki dengan aplikasi Ms. Excel
  10. Penangkal dan Penyembuh Virus Corana Covid-19 dalam waktu 2 Hari
  11. Mewarnai Gambar Binatang Buas dan Jinak
  12. Cara Mengecek Apakah Makalah atau Skripsi kita plagiat ?
  13. Cara Cepat Cetak Foto Ukuran 2x3, 3x4, 4x6 dengan Pgrogam PhotoScape (GRATIS)
  14. Cara Print Foto Di Microsoft Word Ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6
  15. Cara ganti background Zoom di HP SmartPhone
  16. Bikin Kesal, Ternyata ini Penyebab Laptop jadi Lemot
  17. SSD dan HDD, Apakah benar SSD lebih baik?
  18. Perbedaan Chipset dengan CPU dan GPU
  19. Cara Masuk ke BIOS Laptop Lenovo dengan Tombol F1 atau dari System Windows
  20. Teknik Mempercepat Komputer atau Laptop (Tidak LEMOT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar