Search

Kamis, 04 Februari 2016

SD Kelas 4: Outdoor di KRI Dan Museum Loka Jaya Crana

Outdoor :
 KRI Dan Museum Loka Jaya Crana


Pada hari kamis tanggal 4 Febuary 2016. Saya outdoor ke KRI dan MUSEUM Loka Jaya Crana. Saya berangkat memakai truk. Tujuan pertama kami di ajak ke KRI Pulau Rengat. Kami di ajak ke dalam kapal perang. Ternyata KRI Pulau Rengat di buat oleh Belanda. Lalu kita di ajak oleh kakak pemandu ke dalam kapal perang. kapal perang yang kita masuki di buat tahun 1988. Kapal ini panjang nya 51,50 meter, lebar nya 8,90 meter. Kapal ini untuk perang ranjau. 

Ranjau ada 3 macam yaitu ranjau jangka, ranjau magnet, ranjau apustik. kapal ini di buat dari fiber. Di dalam kapal ada meriam 20 meter, ada radar, ada sonder untuk mengetahui kedalaman laut, ada klino meter untuk mengetahui kemiringan kapal, ada balo meter untuk suhu, ada kemudi otomotis jika kapal berada di laut luas tidak perlu di sopir dan kemudi otomotis dapat berputar 090 lembu putar 180 derajat. 



Lalu kita di ajak ke long room di long room ada pelampung PAP, ada juga alat APR artinya adalah alat penyapu ranjau, dan bahan bakar kapal adalah solar.


Di dalam patung MOJAYA. Disana kami di ajak melihat video latihan perang, setelah lihat video kita di ajak melihat gambar – gambar kapal, disana ada KRI Gajah Mada, berat nya 160 ton, panjang 32 meter, dan lebar 5 meter. 
Ada perahu tradisional,  nama kaptennya adalah kapten Pahlawan Laut. KRI Pasoe Patih, tahun pembuatan 1952, jenis typenya adalah SS type whiskey class, dinas di TNI AL tahun 15 Desember 1962. KRI Macan Tutul, jenisnya adalah motor torpedo boat, ada juga piala SAIL EUROPE 2010, Ada KRI Dewa Ruci. Dan ada juga kapal KRI marta kristiana Tiahahu.
Lalu kita di  ajak ke patung MOJAYA. Ternyata tinggi patungnya adalah 60 meter, dan tinggi bangunannya adalah 29 meter. Nama patungnya  adalah INYOMAN NUARTA. Dan gedungnya diresmikan oleh SUARTO.

Lalu kita di ajak ke MUSEUM Loka Jaya Crana. Loka Jaya Crana diresmikan oleh ibu R.Muliadi.Di sana ada senapan mesin jahit johson automotic, MP. 28.11 automotic, miniaturbom laut, senapan mesin browing mechine gun, sten mko, austen mk-1, senjata rampasan, lems auto gun, pistol numbu, pistol revol verbuldeg, bazoka, senjata rakitan laras panjang, senapan mesin, mortir , senjata torpedo, roket percobaan, pdu-2, pdu-4, pdu-1, baju selam, pakaian dingin, pdl doreng, barong naga banda, sepeda motor, alat bantu pernafasan, golok, granat bambu, pistol rakitan, bambu runcing, mesin ketik, samurai, bendera merah putih bertuliskan arab, baju wapak, kain sarung, pakaian pasukan, baju TNI, miniatur KRI Irian, KRI Ratu langi, miniatur radar, pesawat telepon, radio telepon,RI. Tengiri, fregat, alat untuk penerbang, panel control laut tomatis, tiang KRI Dewa Ruci, miniatur perahu naga, patung gajah, rumah adat toraja, rumah adat sumatra barat, balera, trompet, tenor, drum, senar drum, patung taruna, mesin bubut, mesin jahit, alat olahraga selam, proyektor.

Kemudian pergi ke Planetarium. Planetarium dibuat dari negara Jerman. Pada tahun 1968, didirikan pada tanggal 19 September 1969. Fungsi planetarium adalah untuk mendidik jalur pemimpin di angkatan laut masa depan.

Tata surya adalah suatu suasana yang teratur pada matahari, planet-planet asteroid dan bumi kita.

Pusat tata surya adalah matahari.  Matahari adalah bintang yang paling dekat pada bumi. Jarak matahari atau bumi adalah 150 juta kilometer. Suhu matahari adalah 6000 derajat celcius.

Di planetarium lampunya di matikan dan tidak boleh ada yang menyalakan HP agar tidak terkena sinar. Setelah lampu di matikan ada bintang-bintang di atas langit.

Clarrisa Putri Riandani / IV Sultan Agung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar