Search

Senin, 09 Desember 2013

Wisata Alam ; Hutan Mangrove, Fungsi dan Manfaatnya

Rekreasi di Hutan Mangrove - Wonorejo
Ekowisata Mangrove Wonorejo Terletak di kawasan Pantai Timur Surabaya.
Wisata Anyar Mangrove, Jalan Medokan Sawah Timur, 
Gunung Anyar, Surabaya 60294, Indonesia





Manfaat Hutan Mangrove :

MANFAAT MANGROVE
   Masyarakat daerah pantai umumnya mengetahui bahwa hutan mangrove sangat berguna dan dapat di manfaatkan dalam berbagtai cara untuk memenhui kebutuan hidup. pohon mangrove adalah pohon berkayu yang kuat dan berdaun lebat. mulai dari bagian akar, Kulit Kayu, Batang Pohon, daun dan bunganya semua dapat di manfaatkan manusia.


OBAT-OBATAN
   Konon Kulit batang dapat di gunakan oleh pengawet dan obat-obatan. Macam-macam obat dapat di hasilkan dari tanaman mangrove. Campuran kulit batang beberapa species mangrove tertentu dapat di jadikan obat penyakit gatal atau peradangan pada kulit. secara tradisional tanaman mangrove di pakai sebagai obat penawar gigitan ular, rematik, gangguan alat pencernaan dan lain-lain.





BAHAN PENGAWET
   buah pohon tancang dapat di jadikan bahan pewarna  dan  pengawet kain dan jaring dengan merendam dalam air rebusan buah tancang tersebut, selain mengawetkan hasilnya juga pewarnaan menjadi coklat-merah sampai coklat tua, tergatung pekat dan lamanya merendam bahan. Pewarnaan ini banyak di gunakan untuk produksi batik, untuk memperoleh pewarnaan jingga-coklat. air rebusan kulit pohon tinggi di pakai untuk mengawetkan bahan jaring payang oleh nelayan.


BAHAN MAKANAN
   daunya banyak mengandung protein. Daun muda pohon api-api dapat di makan sebagai sayur atau lalapan. daun-daun ini dapat di jadikan tambahan untuk pakan ternak. daun mangrove jenis api-api mengandung nectar atau cairan yang oleh tawon dapat di konversi menjadi madu yang berkualitas tinggi. buahnya pahit tetapi kalau di masak dengan hati-hati dapat pula dimakan.


BAHAN BANGUNAN
   Batang pohon msngrove banyak di jadikan bahan bakar baik sebagai kayu bakar atau di buat dalam bentuk arang untuk kebutuhan rumah tangga dan industri kecil. Batang pohonya berguna sebagai bahan bangunan.

PENGATUR FUNGSI HIDROLOGIS
   Kita sudah tau bahwa air laut dapat merembes ke daratan hingga beberapa kilometer kalau ini terjadi, maka air yang di gali di daratan akan tidak layak pakai lagi. ini di sebut intruisi air laut. Hutan mangrove dapat berfungsi sebagai pencegahanya sebab dapat mempertahankan keberadaan lapisan air tawar.


PENJAGA KUALITAS AIR
   Selain mencegah intruiksi air laut, hutan mangrove juga berfungsi sebagai filter penjernih air yang masuk ke dalam laut. Sebab hutan mangrove memang memperlambat aliran ini. kualitas air yang pulang ke laut akan meningkat dengan adanya hutan mangrove ini.


PENCEGAH BENCANA ALAM
   Keberadaan hutan bakau bisa menghambat derasnya arus laut yang menerjang daratan. memang tidak bisa menghilangkan sama sekali, namun cukup mampu meredam keganasanya, Pengaruh negatif arus laut dan angin bisa di kurangi dengan adanya hutan mangrove ini.




Peranan, manfaat dan fungsi Hutan Mangrove dalam kehidupan masyarakat yang hidup di daerah pesisir sangat banyak sekali. Baik itu langsung di rasakan oleh penduduk sekitar maupun peranan, manfaat dan fungsi yang tidak langsung dari hutan mangrove itu sendiri. tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidupdi arat dan di laut. Umumnya mangrove mempunyai perakaran yang menonjol yang disebut akar nafas (pneumatofor). sistem perakaran ini merupakan suatu cara adaptasi terhadap keadaan tanah yang miskin oksigen atau bahkananaerob. mangrove tersebar di seluruh lautan tropik dan subtropik, tumbuh hanya pada pantai yang terlindung dari gerakan gelombang, bila keadaan pantai sebaliknya, benih tidak mampu tumbuh dengan sempurna dan menancapkan akarnya.



                             
Menurut kamus Weber, habitat didefinisikan sebagai "the natural abode of a plant or animal, esp. the particular lokation where, it normally grows or lives, as the seacoast, desert,etc". terjemahan bebasnyakira-kira adalah tempat bermukim di alam bagi tumbuhan terutama untuk bisa hidupdan tumbuh secara biasa dan normal, seperti pantai laut. padang pasir dan sebagainya. salah satu tempat tinggal komunitas hewan dan tanaman adalah daerah pantai sebagai habitat mangrove. di habitat inibermukim pula hewan dan tanaman lain. tidak semua habitat sama kondisinya, tergantung pada ke aneka ragaman species dan daya dukung lingkungan hidupnya.

                              

Telah banyak di ketahui bahwa pulau, sebagai salah satu habitat komunitas mangrove, bersifat dinamis, artinya dapat berkembang meluas ataupun berubah mengecil bersamaan dengan berjalanya waktu, bentuk dan luas pulau bisa berubah karena aktivitas proses vulkanik atau karena pergeseran lapisan dasar laut. tetapi sedikit orang yang ngetahui bahwa mangrove berperan besar dalam dinamika perubahan pulau. bahkan cukup mengagetkan bahwa ada yang menyatakan bahwa mangrove itu dapat membentuk sesuatu pulau. beberapa pendapat bahwa sebenarnya mangrove dalam menangkap, menyimpan, mempertahankan dan mengumulkan benda dan partikel endapan dengan sruktur akarnya yang lebat, sehingga lebih suka menyebutkan peran mangrove sebagai "shoreline stabilizer"dari pada sebagai "island initiator" atau sebagai pembentuk pulau. dalam proses ini yang terjadi adalah tanah di sekitar pohon mangrove tersebut menjadi lebih stabil dengan adanya mangrove tersebut.

  
                           

Peran mangrove sebagai barisan penjaga adalah melindungi sono perbatasan darat laut di sepanjang garis pantai dan menunjang kehidupan organisme lainya di daerah yang di lindungi tersebut. Hampir semua pulau di daerah tropis memiliki pohon mangrove. Bbila buah mangrove jatuh dari pohonya kemudian terbawa air sampai menemukan tanah di lokasi lain tempat menetap bua tersebut akan tumbuh menjadi pohon baru. Di tempat ini, pohon mangrove akan tumbuh danmengembangkan sistem perakaranya yang rapat dan kompleks. Di tempat tersebut bahan organi dan partikel endapan yang terbawa air akan trperangkap menyangkut pada akar mangrove. Proses ini akan berlangsung dari waktu dan terjadi proses penstabilan tanah dan lumpur atau barisan pasir (sand bar). melalui perjalanan waktu, semakin lama akan semakin bertambah jumlah pohon mangrove yang datang dan tumbuh di lokasi tanah ini, menguasai dan mempertahankan daerah habitat, baru ini dari hempasan obak laut yang akan menyapu lumpur dan pasir. Bila proses ini berjalan terus, hasil akhirnya adalah terbentuknya suatu pulau kecil yang nantinya akan terus berkembang dan dengan pertumbuhan berbagai jenis mangrove serta organisme lain dalam suatu ekosistem mangrove. dalam proses demikian ialah mangrove di katakan sebagai bisa membentuk pulau sebagai. sebagai barisan pertahanan pantai, mangrove menjadi bagian terbesar perisai terhadap hantaman gelombang laut di zona terluar daratan pulau. hutan mangrove juga melindungi bagian dalam puu secara efektif dari pengaruh gelombang dan badai yang terjadi. mangrove merupakan pelindung dan ekaligus sumber nutrien bagi organisme yang hidup di tengahnya. Daun mangrove yang jatuh akan terurai oleh bakteri tanah menghasilkan makanan bagi plangton dan merupakan utrien bagi pertumbuhan algae laut. plankton dan algae yang berkembang akan menjadi makanan bagi berbagai jenis organisme darat dan air di habitat yang bersangkutan. demikianlah suatu ekosistem mangrove dapat terbentuk dan berkembang dari biji mangrove.
                             
       
                      

Sangat kompleks, tanggguh dengan gelombang dan angin serta mencega erosi pantai. Pada saat cuaca tenang akar mangrove mengumpulkan bahan yang terbawa air dan partikel endapan, memperlambat aliran arus air. Apabila mangrove di tebang atau di ambil dari habitatnya di pantai maka akan dapat mengakibatkan hilangya perlindungan terhadap erosi pantai oleh gelombang air laut dan menebarkan partikel endapan sehngga air laut menjadi keruh yang kemudian menyebabkan pula melambatnya prtumbuhan padang lamun (seagrass).



Ekosistem hutan mangrove memberikan banyak manfaat baik secara tidak langsung (non economic value) maupun secara langsung kepada kehidupan manusia (economic values). Beberapa manfaat mangrove antara lain adalah:



  

  

Menumbuhkan pulau dan ,mensetabilkan pantai

salah satu peran dan manfaat ekosistem mangrove, adalah adan sistem perakaran mangrove yang kompleks dan rapat, lebat dapat menangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa oleh air laut dari bagian daratan proses ini menyebabkan air laut terjaga kebersihanya dan dengan demikian memelihara kehidupan padang lamun (seagrass) dan terumbu karang. karena proses ini maka ekowisata mangrove seringkali di katakan pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang di tahanya menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan teresterial hidup dan berkembang di wiilayah daratan. Ar pohon mangrove juga menjaga pinggiran pamtai dari bahaya erosi. buah vivipar yang dapat yang dapat berkelana terbawa air hingga menetap di dasar yang dangkal dapat berkembang dan menjadi dan menjadi kumpulan mangrove di habitat yang baru. dalam kurun waktu yang panjang habitat baru ini dapat meluas menjadi pulau tersendiri.





                         
Beberapa manfaat dan fungsi hutan mangrove dapat di kelompokan sebagai berikut :

A. manfaat / fungsi fisik :
Menjaga agar garis pantai tetap stabil
Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi.
Menahan badai/angin kencang dari laut
Menahan hasil proses penimbunan lumpur, sehingga memungkinkan terbentuknya lahan baru.
Menjadi wilayah penyangga, serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar
Mengolah limbah beracun, penghasil O2 dan penyerap CO2.

B. Manfaat / Fungsi Biologis : 
Menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumber makanan penting bagi plankton, sehingga penting pula bagi keberlanjutan rantai makanan.
Tempat memijah dan berkembang biaknya ikan-ikan, kerang, kepiting dan udang.
Tempat berlindung, bersarang dan berkembang biak dari burung dan satwa lain.
Sumber plasma nutfah & sumber genetik.
Merupakan habitat alami bagi berbagai jenis biota.

C. Manfaat / Fungsi Ekonomis : 
Penghasil kayu : bakar, arang, bahan bangunan.
Penghasil bahan baku industri : pulp, tanin, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, kosmetik, dll
Penghasil bibit ikan, nener, kerang, kepiting, bandeng melalui pola tambak silvofishery
Tempat wisata, penelitian & pendidikan.
                                                         

PENJAGA SISTEM DAN PROSES ALAMI
Hutan mangrove mampu menjadi tempat terbentuknya sedimentasi di pesisir pantai. ini bisa membantu pembentukan lahan baru di pesisir. karenanya, para pakar ekologi memberikan predikat pada hutan mangrove sebagai "Penunjang Sistem Penjaga Kehidupan". Kalau hutan mangrove lenya, kemungkinan abrasi sangat besar.


MENJERNIHKAN AIR
Akar pernafasan (akar pasak ) dan api-api dan tancang bukan hanya berfungsi untuk pernafasan tanaman saja, tetapi berperan juga menangkap endapan dan bisa membersihkan kandungan zat-zat kimia dari air yang datang dari daratan dan mengalir ke laut. Air sungai yang mengalir dari daratan seringkali membawa zat-zat kimia atau polutan. Bila air sungai melewati akar-akar pasak pohon api-api, zat-zat kimia tersebut dapat dilepaskan dan air yang terus mengalir ke laut menjadi bersih. Banyak penduduk melihat daerah ini sebagai lahan marginal yang tidak berguna dan banyak menimbunya dengan tanah agar lebih produktif. Hal ini sangat merugikan karena dapat menutup akar pernafasan dan menyebabkan pohon mati.


MENGAWALI RANTAI MAKANAN
Daun mangrove yang jatuh dan masuk ke dalam air. setelah mencapai dasar teruraikan oleh mikro organisme (bakteri dan jamur). hasil penguraian ini merupakan makanan dari larva dan hewan kecil air yang pada giliranya menjadi mangsa hewan yang lebih besar serta hewan darat yang bermukim atau berkunjung di habitat mangrove.


MELINDUNGI DAN MEMBERI NUTRISI
Akar tongkat pohon mangrove memberi zat makan dan menjadi daerah nursery bagi hewan ikan dan interverbrata yang hidup di sekitarnya. ikan dan udang yang di tangkap di laut dan di daerah terumbu karang sebelum dewasa memerlukan perlindungan dari predator dan suplai nutrisi yang cukup di daerah mangrove ini. Berbagai jenis hewan darat berlindung atau singgah bertengger dan mencari makan di habitat mangrove


  








Fasilitas di Mangrove Wonorejo.

Sumber: Ekowisata Mangrove Wonorejo

By:C.P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar