Search

Kamis, 26 Juni 2014

Pengetahuan Tentang Binatang Jangkrik

JANGKRIK



       Bunyi jangkrik berasal dari getaran sayapnya dan hanya bersuara pada malam saja. Bunyi jangkrik bertujuan untuk mengundang jangkrik betina, agar datang keliangnya. Ada jenis jangkrik sawah dan jangkrik kebun. Jangkrik sawah tidak perlu membuat lubang untuk rumah cukup tinggal bongkahan tanah. Lubang jangkrik  di gunaskaqn untuk tidur juga sebagai tempat untuk menyimpan makanan. Dipintu lubang terdapat gundukan tanah untuk melindungi jangkrik darik musuhnya




         Bunyi jangkrik jantan  didengar oleh jangkrik betina, kemudian jangkrik betina mendatangi lubang jangkrik jantan untuk kawin dan kemudian jangkrik betina bertelur berwarna putih, banyak dan kecil.telur –telur itu menetas dengan sendirinya oleh  kelembapan tanah  ketika menetas anak –anak jangkrik belum memiliki sayap.

Umur jangkrik hanya beberapa bulan saja. Jangkrik segera  mati setelah musim kemarau tiba. Ketika musim hujan telur jangkrik akan menetas menjadi jangkrik baru.


Makanan jangkrik adalah rumput dan dedaunan. Jangkrik mempunyai kebiasaan buruk, suka bertengkar dengan sesamanya. Jangkrik sedih jika musim hujan, karena lubang  tempat  tinggal  mereka akan tergenang air. Jangkrik memilikikaki belakang yang  kuatsehingga bisa melompat menghindari para pemangsanya  dan ternyata tikus takut pada suara jangkrik.

by: Clarissa P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar