Search

Sabtu, 13 Desember 2014

Wisata Pantai Ria Kenjeran Baru - Ken Park



Pantai Kenjeran terletak di kecamatan Kenjeran di Timur Surabaya, sekitar 9 Km dari pusat Kota, di kawasan Mulyosari maupun Sutorejo. Pantai Kenjeran terbagi menjadi dua pantai yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru.

 
Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Kenjeran Lama :
adalah menikmati panorama pantai, memancing, berlayar, dan membeli ikan laut.






 


Sementara kegiatan Pantai Kenjeran Baru :
biasa digunakan untuk kegiatan olahraga, seperti, Tenis, Balap Motor, Pacuan kuda,, Berenang, Memancing, Taman Bermain, dan tempat ibadah.

Di Pantai Kenjeran Baru lebih luas dan Taman Bermain lebih Banyak.




Patung Budha Empat Waja



 
Patung Budha Empat Wajah atau Four Faces Buddha adalah sebuah Patung Budha yang terletak di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran yang terkenal, sebuah daerah pantai di kota Surabaya yang juga terkenal untuk produk perikanan dan tempat berkumpulnya pemuda pemudi Surabaya. 


Pembangunan patung itu dimulai sejak bulan Juli 2003 lalu dan resmi di buka secara umum pada 9 November 2004, yang menempati lahan seluas 1,5 hektare. Bangunan utama dari patung ini berukuran 9 × 9 meter, dan termasuk kubah yang mencapai 36 meter. Beberapa mengatakan bahwa, total biaya yang dibutuhkan untuk membangun patung empat wajah ini hampir menelan biaya Rp 4 miliar.


 


Klenteng Sanggar Agung 


Kuil Sanggar Agung Surabaya ini tidak hanya datang dari para jemaat, tetapi juga para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin mengunjungi dan melihat klenteng ini atau yang ingin menggambil gambar. Hal itu lah yang menjadikan Klenteng Sanggar Agung kini tidak hanya menjadi tempat peribadahan umat Budaha, namun juga telah menjadi sebuah obyek wisata yang berada di kawasan Pantai Kenjeran di Surabaya.
Terdapat juga stand penjualan makanan khas Surabaya (sate kerang, kupang lontong, lontong balap, rujak cingur, ikan bakar, es dawet, dan sebagainya) ataupun souvenir yang kebanyakan berbahan dasar dari laut.

Objek wisata Pantai Ria Kenjeran atau Kenjeran Park di Surabaya, Jawa Timur memiliki pesona pantai dan taman rekreasi untuk liburan akhir pekan bersama keluarga. Salah satu magnetnya apa lagi kalau bukan


Pagoda Tian Ti.

 
Tian Ti sendiri berarti langit-bumi atau dalam istilah asingnya disebut sky world, Pagoda ini merupakan tiruan dari pagoda yang ada di Beijing, China.
Pagoda Tian Ti berbentuk bundar, terdiri dari tiga tingkat.

         Uniknya, ruangan dalam bangunan ini dibiarkan kosong tanpa asesoris atau ornamen agama tertentu karena memang tidak untuk tempat upacara ritual agama tertentu.

      Diameternya mencapai 60 meter dengan ketinggian 58 meter. Kabarnya ukuran ini lebih tinggi dan lebih besar dari pagoda aslinya yang ada di Beijing, China. Namun, warna pagoda, ornamen, ukiran dan asesoris dibuat sama persis dengan aslinya.

          Kalau pagoda kuno Beijing yang diyakini sebagai Temple of Heaven itu sangat disakralkan dan tidak semua pengunjung dengan bebas dan leluasa bisa memasuki pagoda suci itu. Namun, di Pagoda Tian Ti pengunjung bisa dengan leluasa mengunjunginya.











Untuk masuk ke Pagoda Tian Ti, Anda tak dikenakan biaya alias gratis. Pagoda Tian Ti di Kenjeran Surabaya juga menjadi surganya para penggemar fotografi. Pernah suatu ketika Darwis Triadi, fotografer kondang itu melakukan pemotretan dengan latar belakang Pagoda Tian Ti.


by: C.P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar